Sabtu, 14 Juni 2008

Yamaha membangkitkan raksasa tidur !

Tahun 2007 Honda sempat beberapa bulan mengalami kekalahan dengan Yamaha. Selain itu Statement petinggi Yamaha juga cukup mantap, mau menggeser posisi nomor 1 yang selama ini dipegang oleh Honda. Yah.. untuk tahun 2007 selisih antara Honda dan Yamaha hanya 300 ribu unit saja walaupun masih terkendala masalah produksi. Dan untuk tahun 2008 Yamaha mengingkatkan produksi dengan pabrik barunya dari 1.8 juta unit menjadi 2.4 juta unit setahun dimana diharapkan pertumbuhan market share dari 39% menjadi 42%. hm.... fantastis !

Tapi apa yang terjadi di Mei tahun 2008 ?

Seperti Yamaha keteteran menghadapi Honda. Untuk penjualan per Mei 2008 tercatat terjual 541.797 unit motor ke market. Honda sendiri berhasil menjual sebanyak 250.891 unit, Yamaha 217.710 unit, Suzuki 66.202 unit, dan lainnya sebesar 6.994 unit. Secara kumulatif sampai dengan bulan Mei 2008,… total penjualan motor mengalami pertumbuhan 43.77% walaupun ada yang mengalami pertumbuhan dibawah 43.77%

O..o ... Siapa dia... ?

Yamaha, mengalami pertumbuhan dibawah 43.77% yaitu sebesar 36.45%, Honda mengalami pertumbuhan sebesar 50.31% dan Suzuki 50.96%







Sepertinya Honda berhasil menyumbat mulut Yamaha, dengan strategi Honda yang innovative. Memang Yamaha terlalu sibuk ngurusin indent dan buat iklan baru dengan gaya emak-emak yang menyindir. Memang meningkatkan penjualan, tapi Honda bergerak sangat cepat dan innovative dengan produk barunya.

Yah... Honda sudah meluncurkan jagoan jagoan baru seperti Revo, Tiger Revo, CS1, Beat dan jagoan lainnya yang bakalan menyusul lagi . So pasti akan meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan mindset serta loyalitas konsumen Honda.

Yamaha pasti tidak akan diam saja, lalu apa yang kira kira akan dilakukan oleh Yamaha ?

Apalagi kalau ngak ikut-ikutan keluarin produk baru. He he he ....

Selain itu Yamaha pasti akan mati matian memperjuangkan Matic yaitu Mio dan Mio Soul, karena Yamaha cukup bergantung pada kelas ini. Belum lagi Honda sudah diperkuat lagi oleh Honda Beat yang sepertinya akan sangat mengganggu penjualan Mio. Untuk Mouvo pasti di kurangi deh produksinya... Toh ngak laku.

Untuk kelas Sport Yamaha Vixion. Walaupun diserbu oleh TVS dan Bajaj Pulsar, belum lagi Honda Mega pro, seharusnya motor banggaan Yamaha ini tidak terlalu perduli. Malah mungkin Honda mega pro yang akan tertantang oleh Bajaj Pulsar.

Yang pasti kekalahan Honda beberapa bulan di Tahun 2007, membuat Yamaha telah membangkitkan raksasa tidur !

1 komentar:

Joko Prihantoro mengatakan...

bener bro, keep spirit and jaga totalitas indonesia